Argan Oil Mencegah dan Mengatasi Eksim

Eksim atau dermatitis, atau yang sering disebut eksema adalah salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan   peradangan hebat, kulit kering, jerawat, warna kemerah-merahan, mengelupas, dll. Peradangan yang hebat itu menyebabkan terjadinya pelepuhan atau munculnya gelembung kecil (vesikel) hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan.

Penyebab penyakit eksim ini bermacam-macam. Bisa karena alergi zak kimia tertentu (sabun, detergen, pewangi/pelembut pakaian), sinar matahari, ada juga yang terjadi karena alergi obat, tekanan psikis, virus, bahkan ada juga yang penyebabnya tidak jelas. Eksim bisa menular dengan cepat.

Eksim sendiri terbagi menjadi dua bentuk, eksim kering (neurodermatitis) dan eksim basah (dermatitis numularis). Eksim kering ditandai oleh penebalam kulit diertai relief yang nyata. Sedangkan eksim basah ditandai oleh bercak berisisk, berbentuk bulat, berbatas tegas, berbintil-bintil yang ada airnya dan terasa sangat gatal dengan lokasi paling sering pada bagian punggung dan dada.

Apapun jenisnya, eksim sangatlah mengganggu. Anda juga tidak bisa menggunakan sembarang obat untuk mengatasinya, karena bisa jadi akan semakin memperparah keadaan. Salah satu alternatif solusi adalah menggunakan obat alami yang tidak menimbulkan efek samping, yaitu minyak Argan.

Minyak argan merupakan hasil ekstraksi langsung pohon spinosa Argania yang ditemukan di daerah kritis kekring daerah barat daya Maroko. Penduduk asli disana sejak zaman dulu telah menggunakannya sebagai minyak goreng nabati, kosmetik, serta balsem untuk menyembuhkan.

Minyak Argan dapat mengurangi gejala awal munculnya eksim, yaitu kulit kering, karena kandungan asam lemak esensialnya yang tinggi. Selain itu, minyak argan juga bisa melembabkan kulit sehingga kulit terasa nyaman. Minyak argan ini juga bisa digunakan untuk membantu mengobati reaksi alergi dan masalah kekebalan yang berhubungan dengan eksim. Komponen aktif dalam minyak, juga menjaga kulit dari iritasi sehingga tidak menyebabkan gatal-gatal dan kulit kering. Minyak argan juga dapat mengurangi dan mencegah kulit terkelupas.

Nah, berikut ini detail tentang Argan Oil (Minyak Argan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *