Suplemen untuk Keluarga

Pagi hari setelah sholat shubuh, adalah waktu yang paling sering kami gunakan untuk melakukan quality time, terutama obrolan ringan antara saya dan suami (kalau anak-anak belum bangun atau lagi ‘malas’ bangunin).

Seperti pagi tadi, selepas sholat shubuh suami membuka obrolan, tentang perlunya menghidupkan taklim keluarga yang sempet ‘mati suri’. Ini penting, salah satunya agar cahaya Islam memancar di rumah kita.

“Tidak berkumpul dalam satu rumah dari rumah-rumsh Allah, mereka membaca kitab Allah, saling mengajarkanya sesama mereka, kecuali diturunkan kepada mereka sakinah, rahmat menyirami mereka, para malaikat mengerumini mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di kalangan malaikat yang ada di sisi-Nya”(Hr.Muslim,Abu Daud)

Selain itu, taklim keluarga ini juga menghidupkan sunnah Rasulullah. Sebagaimana kita tahu bahwa pada jaman Rasulullah belum ada yang namanya pesantren, sekolah, perguruan tinggi dan tempat –tempat pendidikan yang lain, tetapi kenapa bisa bermunculan hafidz Qur’an, ulama, ahli hadist baik anak-anak atau wanita, padahal yang selalu menghadiri majelis Rasulullah saw adalah kaum lelaki. Ternyata, salah satu alasannya adalah mereka menghidupkan taklim di rumah-rumah mereka. Setiap mendapatkan satu ilmu dari Rasullah saw mereka menceritakan apa yang di dapat dari Rasulullah kepada para istri dan anaknya, sehingga istri dan anak-anak bisa menjadi alim dan alimah.

Kemudian obrolan berlanjut tentang kondisi saya saat ini yang mengharuskan untuk banyak istirahat di rumah, otomatis aktivitas outing untuk Farid harus dihandle oleh suami sendiri. Kami bersepakat, untuk aktivitas ini tidak harus jauh, yang penting anak ada aktivitas di luar. Akhirnya kami menyusun list aktivitas yang bisa dilakukan.

Pada akhirnya, kami harus menentukan kehidupan kami sendiri karena kerja di rumah itu bisa melalaikan kalau tidak ada perencanaan yang tertata rapi.

#Day5
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *